Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi “Hidup Rukun dalam Perbedaan” melalui Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Siswa
Abstract
Penelitia ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode STAD yang diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hidup Rukun Dalam Perbedaan pada Siswa Kelas I Semester I SDN Ringinrejo 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri mampu meningkatkan kualitas pernbelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 67.50 dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 80 serta ketuntasan belajar 60 dan rata-rata adalah 67.50. Sedangkan pada siklus II dapat diketahui jika nilai rata-rata siswa sebesar 79.50 dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 90. Sedangkan ketuntasan belajar 65. Berdasarkan nilai rata-rata sebesar 79.50 dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan belajar siswa. Siswa menjadi bersemangat dalam belajar. Siswa menjadi aktif, kreatif dan inovatif. Sehingga dapat dikatakan metode diskusi berhasil dan layak untuk diterapkan.