Pengembangan Modul Ajar Berbasis Livewire pada Mata Kuliah Sistem Digital Program Studi Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

  • Imam Machfud UNU Blitar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merincikan tahapan pengembangan modul ajar dalam konteks Mata Kuliah Sistem Digital di Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Nahdlotul Ulama Blitar. Penelitian ini mengikuti metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang diusulkan oleh Sugiono (2017). Pengembangan modul ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974), dengan menerapkan model 4-D yang meliputi Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Dissemination). Modul ajar ini melalui proses validasi oleh dua ahli, serta mengalami dua tahap uji coba. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan penilaian sebesar 96,87% (sangat layak), sedangkan hasil uji materi oleh ahli memberikan penilaian 90% (sangat layak), dan uji materi oleh dosen mendapatkan penilaian sebesar 85% (sangat layak). Selanjutnya, hasil uji coba modul oleh kelompok kecil mendapatkan penilaian sebesar 97,64% (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan memberikan penilaian sebesar 97,71%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data-data ini mendukung hipotesis, dan oleh karena itu, pengembangan modul ajar berbasis livewire ini layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran mata kuliah Sistem Digital..

Published
2023-11-30