Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Wiwik Dwiastutik SMAN 1 Ponggok, Indonesia

Abstract

SMAN 1 Ponggok mengalami sejumlah peristiwa yang terkait dengan tanggung jawab guru. Sebagian besar guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, yang melibatkan ceramah, tugas, dan tanya jawab. Guru tidak mau berinovasi karena mereka nyaman dengan rutinitas belajar dan apatis terhadap perubahan. Selain itu, guru jarang menggunakan media pembelajaran. Siswa tidak memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi pembelajaran yang nyata atau tidak nyata. Jurnal pembelajaran juga ditulis dengan buruk. Bagaimana SMAN 1 Ponggok dapat meningkatkan kemampuan gurunya dengan menggunakan LMS pada tahun akademik 2022/2023? Selain itu, apakah mungkin bagi LMS untuk meningkatkan keterampilan guru di SMAN 1 Ponggok pada tahun akademik 2022/2023? Data dikumpulkan dan dikumpulkan secara ilmiah selama penelitian ini. Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang lebih lama tidak berfungsi dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran dan kelengkapan data LMS masing-masing memperoleh skor rata-rata 56,92% dalam kategori Kurang dan 64,55% dalam kategori Cukup, menunjukkan bahwa LMS masih belum mencapai tingkat optimal dan para ten Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan bahwa pembelajaran melalui LMS efektif untuk 34 peserta. Selain itu, kelengkapan data menerima skor yang sesuai—rata-rata 66,99% dengan kategori yang cukup dan tujuan ketuntasan belum tercapai karena tujuh deskriptor masih menerima skor yang cukup. Karena itu, penyelidikan harus dilanjutkan ke siklus kedua. Kelengkapan data LMS meningkat secara signifikan selama siklus pertama dan kedua, dengan peningkatan sebesar 13,74% pada kegiatan pertama dibandingkan dengan peningkatan sebesar 14,05% pada kegiatan kedua. Pada siklus kedua, skor rata-rata kegiatan pertama mencapai 75,96% dengan hasil yang baik, dan skor rata-rata kegiatan kedua mencapai 79,85% dengan hasil yang baik.

 

Published
2023-11-30