Listening Difficulties Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam Mata Kuliah Listening: Studi Kasus Berdasarkan Gender
Abstract
Ketrampilan mendengarkan dalam pembelajaran bahasa inggris sangat penting. Namun demikian ketrampilan mendengarkan ini tidaklah mudah. Karena pembelajar bahasa inggris dalam aktivitas mendengarkan (Listening) dituntut untuk mengetahui, mengenali, memahami, dan mampu mengartikan apa yang mereka dengar dalam aktivitas Listening. Banyak kendala/ listening difficulties yang dihadapi oleh pepmbelajr bahasa inggris dalam aktivitas ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi jenis listening difficulties yang dihadapi oleh pembelajar bahasa inggris berdasarkan gender mereka di kelas listening Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian descriptive kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada empat pembelajar bahasa inggris semester pertama dengan dua gender yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajar laki-laki cenderung menganggap kebisingan dan ketidakmampuan mengenali kata yang sudah dikenal sebelumnya dalam aktivitas mendengarkan menjadi penyebab utama listening difficulties bagi mereka. Sedangkan pembelajar wanita menganggap bahwa kebisingan adalah penyebab utama listening difficulty bagi mereka. Ini bisa disimpulkan bahwa kesulitan-kesulitan yang ditemukan dalam kelas listening berdasarkan gender adalah berbeda.

_DOII.png)
