Penerapan Tata Tertib Sebagai Upaya Meningkatkan Karakteristik Kedisiplinan Santri di Yayasan Ash-Shibyan Desa Mekarmaju

Penerapan Tata Tertib Sebagai Upaya Meningkatkan Karakteristik Kedisiplinan Santri di Yayasan Ash-Shibyan Desa Mekarmaju

  • Fadhila Nurul ‘Izza Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indah Rimaelina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inka Alamanda Al-Kautsar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Disiplin, sanksi, tatatertib

Abstract

Pendidikan merupakan penting dalam kemajuan suatubangsa. Dengan adanya pendidikan,akan tercipta anak-anak bangsa yangberwawasan dan anak-anak yangberani dalam menghadapi permasalahan yang ada. Untuk terciptanya suasana yang kondusif selama kegiatan pendidikan berlangsung, perlu diberlakukannya tata tertib yang bertujuan untuk mendisiplinkan dan memberikan rasa tanggung jawab terhadap para peserta didik. Namun, tata tertib yang diberlakukan harus mendidik agar tidak melanggar aturan dalam pendidikan. Pemberlakuan tata tertib ini akan berjalan dengan baik jika seluruh komponen dapat melaksanakannya dengan optimal sehingga tercipta suasana belajar. yang kondusif. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah observasi yang bertujuan untuk meneliti dan menyaksikan secara langsung bagaimana pemberlakuan tata tertib yang ada di Yayasan Ash-Shibyan. Dalam pelaksanaannya, ketua yayasan Ash-shibyan membuat aturan-aturan tata tertib yang bertujuan untuk mendisiplinkan para santri serta membuat sanksi yang mendidik bagi para santri yang melanggar tata tertib. Pemberlakuan tata tertib yang ada di Yayasan AshShibyan ini berjalan dengan baik dan optimal karena seluruh komponen dapat diajak kerjasama dengan baik demi tercipta suasana pembelajaran yang nyaman, kondusif, dan optimal.

Published
2024-07-30