Peningkatan Prestasi Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintahan Kabupaten/Kota dan Provinsi melalui Model Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV di SDN 3 Jombok Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn materi lembaga pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi melalui ModeL Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SDN 3 Jombok semester I Tahun 2017/2018 di SDN 3 Jombok Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas IV SDN 3 Jombok Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Dari hasil siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa ModeL Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV Semester I Tahun 2017/2018 Di SDN 3 Jombok Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek pada mata pelajaran PKn materi Lembaga pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. Hal ini dapat dilihat dari terus meningkatnya hasil tes tertulis siswa mulai dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 72.14 dan pada siklus II sebesar 80.71, yang artinya terjadi kenaikan nilai rata-rata sebesar 8.57. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 71.43% dan pada siklus II sebesar 92.86%, yang artinya terjadi peningkatan sebesar 21.43%.

_DOII.png)
