Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perdagangan Internasional melalui Model Think Pair and Share pada Siswa Kelas IXG di SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggalek

  • Sridatin Setyarini DI SMP NEGERI 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGAALEK
Keywords: think pair share, hasil belajar, perdagangan internasional

Abstract

Proses belajar mengajar akan berjalan sebagaimana mestinya bila siswa dapat ikut aktif di dalamnya, dan salah satu Model Pembelajaran pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS guna meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif. Sebab model belajar kooperatif merupakan salah satu metode pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, karena pembelajaran ini berorientasi pada siswa. Pembelajaran kooperatif memberikan kesempatan pada siswa untuk membangun hasil belajar konsep melalui aktivitas sendiri dan interaksinya dengan siswa lain. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Think pair and share yang berarti Berpikir-Berpasangan-Berbagi, merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggaalek. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX G semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggaalek. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68.28 sedangkan pada siklus II sebesar 80.00. Hal tersebut berarti bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata 11.72. Di samping nilai rata-rata kenaikan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan melihat persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus I siswa yang telah tuntas sebanyak 14 anak (48.28%) pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 26 anak (89.66%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 41.38%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif model think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi IPS pada siswa kelas IX G semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggaalek.

Published
2021-11-30