Peningkatan Kompetensi Pedagodik Kepala Sekolah melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis di 5 Sekolah Gugus II Unit Dikpora Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tugas pokok kepala sekolah yaitu sebagai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga seorang guru kelas harus mempunyai tugas sebagai seorang guru yang melaksanakan atau memberikan pelajaran atau mengajar bidang studi tertentu untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang baik Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Peningkatan Kompetensi Pedagodik Kepala Sekolah Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis di 5 Sekolah Gugus II Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 dan Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran, mencari solusi, dan meningkat kompetensi pedagogik kepala sekolah melalui supervisi klinis di Gugus II kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Subjek Penelitian adalah 5 Kepala Sekolah di Gugus II Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan cara terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik kepala sekolah di Gugus II Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek terbukti dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kompetensi pedagogik dari belum ada pada pra siklus, meningkat menjadi 2 orang kepala sekolah atau 40%, dan pada siklus terakhir meningkat menjadi 100% atau semua kepala sekolah dinyatakan meningkat kompetensi pedagogiknya.

_DOII.png)
