Peningkatan Kemampuan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pembelajaran PKn Semester I Tahun Pelajaran 2020-2021

  • Yuliadi Yuliadi SD Negeri Kotaanyar I Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo
Keywords: PKn, metode demontrasi ( gabungan ).

Abstract

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya dengan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, perlu “ mengerjakannya”  yakni penggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan  keterampilan, dan mengerjakan tugas menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka daptkan. Sedangkan tujuan dari  penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar kewarganegaraan  setelah diterapkan  pembelajaran kontektual model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok. (b) ingin menetahui pengaruh penbelajaran kontekstual model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar terhadap materi pelajaran Kewarganegaraan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar. Dari hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II. Kesimpulan  dari penelitian ini adalah metode pembelajaran demontrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas II SD Negeri Kotaanyar 1 Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo.

Published
2021-11-22