Penerapan Model Pembelajaran Task Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kompetensi Dasar Teks Prosedur pada Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Garum Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Emi Darwati SMA Negeri 1 Garum, Blitar, Indonesia

Abstract

Menguasai kosa kata menjadi suatu kebutuhan penting sebelum menguasai keterampilan berbahasa. Sayangnya, siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Garum Tahun Pelajaran 2019/2020 mengalami masalah keterbatasan kata. Kekurangan kosakata mereka ditunjukkan dalam kinerja keterampilan berbahasa produktif dan reseptif. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimanapenerapan model pembelajaran Task Based Learning dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris kompetensi dasar teks prosedur pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Garum Tahun Pelajaran 2019/2010. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Garum. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Garum Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswaterdiridari 8 laki-laki dan 27 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Task Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris kompetensi dasar teks prosedur dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas XII IPA 1SMA Negeri 1 Garum Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan nilai terendah siswa pra tindakan adalah 37 mengalami peningkatan 13 poin menjadi 50 pada siklus I dan kembali meningkat 5 poin menjadi 55 pada siklus II. Nilai tertinggi siswa pun mengalami peningkatan sebesar 8 poin dari pra tindakan 77 menjadi 85 pada siklus I, kemudian kembali mengalami peningkatan 5 poin menjadi 90 pada siklus II. Nilai rata-rata kelas yang menjadi salah satu indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini terlihat mengalami peningkatan. Pada pra tindakan rata-rata kelas nilai tes kosakata Bahasa Inggris adalah 62,11, mengalami peningkatan 11 poin menjadi 73,11 pada siklus I, dan kembali mengalami peningkatan 5 poin menjadi 78,11 pada siklus II, yang menunjukkan bahwa hasil pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang diteapkan yaitu 75,00, sehingga dapat dikatakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan berhasil. Jumlah siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai mencapai KKM yang ditetapkan (70) pada pra tindakan berjumlah 11 dari 35 siswa (31,43%) mengalami peningkatan sebanyak 11 siswa menjadi 22 dari 35 siswa (62,86%) pada siklus I, kemudian kembali meningkat sebanyak 9 menjadi 31 dari 35 siswa (88,57%) pada siklus II.

Published
2022-05-01