Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Sistem Peredaran Darah Manusia melalui Creative Problems Solving pada Siswa Kelas VIII-C Semester 1 SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Setelah dilakukan observasi di kelas VIII-C pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saat semester 1 SMP Negeri 1 Kauman diketahui jika masih sedikit siswa yang dapat mencapai KKM (70). Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya siswa memahami materi sistem peredaran darah manusia pada mata pelajaran IPA. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya diantaranya yakni metode pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diterapkan yakni creative problems solving. Penerapan metode tersebut pada mata pelajaran IPA bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil tindakan penelitian diketahui jika pada siklus I yang mencapai KKM yakni 65,6% dan pada siklus II sebanyakn 90,6% yang melebihi KKM. Dari hasil tindakan ini dapat diambil kesimpulan jika penerapan metode pembelajaran creative problems solving pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa yang melebihi KKM sebanyak 25%.

_DOII.png)
