Strategi Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa tentang Tembang Macapat Dhandhanggula dengan Memanfaatkan Model Pembelajaran Direct Learning pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Siti Nurkasanah SMP Negeri 1 Karangrejo, Indonesia
Keywords: Tembang Macapat, Dhandhanggula, Model Direct Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa terhadap mata pelajara Bahasa Jawa materi tembang macapat dhandhanggula dengan menggunakan model pembelajaran direct learning pada siswa kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini didasari oleh masih rendahnya nilai ketuntasan siswa akan materi tersebut. Diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran  direct learning maka nilai siswa dapat meningkat. Metode yang digunakan yakni penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus yang digunakan sebanyak 2 dan masing – masing siklus memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil tindakan dengan model pembelajaran direct learning menunjukkan hasil jika dengan penerapan metode ini dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai ketntasan siswa yakni 61,4% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 93,2%.

Published
2022-08-01