Peningkatkan Kemampuan Menulis Narative Text melalui Pendekatan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Kelas IX-B SMP N 1 Karangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Retnowati Retnowati SMP Negeri 1 Karangrejo, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan keaktifan siswa dan juga hasil prestasi belajar siswa yang bisa dilihat dari nilai ketuntasan siswa kelas IX-B SMP N 1 Karangrejo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dengan adanya pendekatan model pembelajaran contextual teaching and learning menulis narative text. Hal ini dilatarbelakangi dengan rendahnya nilai siswa pada materi tersebut dikelas. Oleh karen aitu diperlukan penerapan pendekatan model pembelajara. Salah satu model pembelajaran yang sudah banyak diterapkan yakni metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang digunakan dalam penelitian yakni penelitian tindakan menggunakan 2 siklus dan masng – masing siklus ada 4 tahapan. Hasil penelitia menunjukkan jika penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan keaktifan siswa dan juga nilai ketuntasan siswa kelas IX-B SMP N 1 Karangrejo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019  dalam belajar menulis narative text. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 73,3% dan pada siklus II nilai ketuntasan siswa meningkat menjadi 90,0%.

Published
2022-08-01