Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Materi Hukum Newton dan Penerapannya Siswa Kelas X B UPT SMA Negeri Olahraga melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

  • Sutoyo Sutoyo SMA Negeri Olahraga, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan ketuntasan belajar  fisika  materi hukum newton dan penerapannya siswa kelas X B UPT SMA Negeri Olahraga melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan jika pengelolaan pembelajaran oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukkan peningkatan pada tiap Siklus. Keterampilan kooperatif siswa dalam kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa seluruh siswa dapat melaksanakan keterampilan kooperatif dengan baik sehingga menumbuhkan kehidupan bersosial dalam kelas. Dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil tes tiap Siklus. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang ada secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat membantu siswa memahami konsep besaran dan satuan, dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar baik secara kognitif, afektif yaitu ditunjukkan dengan keterampilan kooperatif yang dilakukan oleh siswa, serta menumbuhkan sifat bersosial dan kolaboratif antar sesama siswa dan guru.

Published
2022-09-09