Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Daur Ulang Limbah Siswa Kelas X A UPT SMA Negeri Olahraga melalui Pembelajaran Berorientasi Lifeskill
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi materi daur ulang limbah siswa kelas X A UPT SMA Negeri Olahraga melalui pembelajaran berorientasi lifeskill. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil peneitian menunjukkan jika kemajuan belajar siswa Kelas X A UPT SMA Negeri Olahraga pada siklus 1,2 dan 3 mengalami peningkatan pada materi yang telah dipahami. Dengan adanya LKS yang disesuaikan dengan hasil jurnal belajar, siswa Kelas X A lebih tertantang untuk berani mengeluarkan pendapat yang berbeda dan dapat menemukan jawaban pada materi yang masih meragukan karena LKS yang diberikan pada tiap siklus mengacu pada siklus sebelumnya. Selain itu, melalui implementasi Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah, dan Membuat produk daur ulang limbah ini hasil belajar berdasarkan kemampuan koqnitif yang didapat dari pos tes selama 3 kali siklus telah mencapi Standart Ketuntasan Minimal ( SKM ) sebanyak 26 siswa siswa sedangkan yang belum memenuhi SKM sebanyak 6 siswa, sedangkan ketuntasan kelas mencapai 86,6 %. Pencapaian angka ini diperoleh dari rata-rata nilai pos tes selama 3 kali siklus, jadi dapat disimpulkan bahwa siswa. Kelas X A telah mencapai ketuntasan kelas karena dapat mencapai hasil lebih dari 85%.

_DOII.png)
