Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris melalui Penerapan Pembelajaran Media Scrabble Siswa Kelas X- B UPT SMA Negeri Olahraga

  • Nanang Soelistiono SMA Negeri Olahraga, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris melalui penerapan pembelajaran media  scrabble siswa kelas  X- B UPT SMA Negeri Olahraga. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan jika Aktivitas  siswa  selama  pembelajaran  siklus  I  dan  siklus  II  meningkat  secara  betahap  yang  meliputi  keaktifan, keberanian, kemandirian, dan keberhasilan. Respon siswa  terhadap  proses  pembelajaran samangat baik. Hampir  seluruh  siswa  menyatakan  senang  dengan  media  permainan scrabble, dan ada peningkatan terhadap penguasaan kosakata dibandingkan dengan sebelumnya. Pembelajaran  yang  dilakukan  guru  selama  siklus I dan  siklus  II  menunjukkan performance yang baik. Guru mulai menerapkan metode dan teknik  pengajaran yang bervareasi, guru berusaha menstimulus keaktifan dan  kekreatifan siswa, guru  menyajikan pembelajaran bahasa Inggris secara integral, guru tidak  hanya  berkomunikasi  pada  tuntasnya  suatu materi pelajaran  saja  tetapi lebih memperhatikan kemampuan penguasaan yang diperoleh siswa.   

Published
2022-08-01