Penerapan Pendekatan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN Jengglungharjo 2 Kecamatan Tanggunggunung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN Jengglungharjo 2 Kecamatan Tanggunggunung. Hal yang mendasari penelitin ini yakni kompetensi profesional guru yang perlu ditingkatkan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dari pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (pts). Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan pendekatan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN Jengglungharjo 2 Kecamatan Tanggunggunung. 3.Peningkatan kompetensi profesional guru di SDN Jengglungharjo 2 Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung dari pra-siklus ke siklus 1 sebesar 18,18 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 52,27 dengan kriteria kurang dan pada siklus 1 sebesar 70,45 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,18 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 88,40 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN Jengglungharjo 2 Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.

_DOII.png)
