Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Pembentukan Jagad Raya, Tata Surya Dan Bumi Siswa Kelas X B Upt Sma Negeri Olahraga Melalui Strategi Belajar Mapping Dengan Menggunakan Lks

  • Kutsiyah Kutsiyah Upt Sma Negeri Olahraga, Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah a). Mengetahui ketepatan strategi belajar mapping pada materi Pembentukan Jagad Raya, Tata Surya dan BumiĀ  dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa, b). Mengembangkan keterampilan mengajar guru dalam strategi belajar mapping, c). Mengetahui keterampilan siswa dalam melengkapi dan menyusun mapping siswa, d). Mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi belajar mapping siswa kelas X B UPT SMA Negeri Olahraga. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X B UPT SMA Negeri Olahraga sebanyak 22 siswa. Hasil dalam penelitian ini yakni Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa melalui strategi belajar peta konsep mengalami peningkatan pra siklus dengan nilai rata-rata 66.31, pada siklus I dengan rata-rata 69.04, dan pada siklus II denan rata-rata 88.73. Keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan strategi belajar peta konsep (mapping) dengan reliabilitas 96, 86%. Keterampilan siswa dalam melengkapi dan menyusun peta konsep (mapping) sudah baik dengan ketuntasan LKS sebesar 87,07%. Respon siswa terhadap penerapan strategi peta konsep positif dengan 83,23% siswa setuju terhadap penerapan strategi belajar peta konsep (mapping).

Published
2022-08-01