Pengaruh Metode Karyawisata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Tunarungu Kelas VII SMPLB-B di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Agus Damiran Agus Damiran SLB Negeri Gedangan Sidoarjo

Abstract

Berdasarkan hasil pre-test di SMPLB-B SLB Negeri Gedangan Sidoarjo, siswa kelas VII mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan gambar dalam bentuk menulis karangan deskripsi. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dibutuhkan metode yang menarik dan mudah dipahami, yaitu dengan metode karyawisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh metode karyawisata terhadap keterampilan menulis deskripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPLB-B SLB Negeri Gedangan Sidoarjo berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest design. Untuk analisis data penelitian menggunakan teknik analisis statistik Non Parametrik. Pos-tes diberikan setelah sujek diberikan perlakuan berupa metode karyawisata yang dilakukan selama 6 kali pertemuan. Hasil penelitian setelah diberikan pre-test nilai rata-rata rendah, kemudian diberi intervensi sebanyak 6 kali pertemuan dengan alokasi waktu ± 90 menit setiap pertemuan. Selanjutnya diberikan post-test menunjukkan, bahwa terjadi perubahan nilai anak menjadi lebih baik. Dari nilai tersebut kemudian dianalisis menggunakan rumus sign test (ZH) dengan Z tabel 5% penguji dua sisi 1,96. Nilai Z yag diperoleh dalam hitungan adalah ZH= 2,47, sehingga dapat disimpulkan, bahwa “Ada Pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Karyawisata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa kelas VII SMPLB-B SLB Negeri Gedangan Sidoarjo”, dengan nilai ZH=2,47 > Z tabel 5% 1,96.

Published
2022-08-01