Penerapan Metode Guide Inquiry dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika yang Memuat Data dalam Bentuk Tabel dan Diagram pada Siswa Kelas XII MIPA 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XII MIPA 1 pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 24 siswa hanya 7 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 17 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Data dalam bentuk tabel dan diagram tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Data dalam bentuk tabel dan diagram serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Guide Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Guide Inquiry untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Data dalam bentuk tabel dan diagram siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 62,5% dan pada siklus II 91,7%.

_DOII.png)
