Peningkatan Hasil Belajar Tema Kayanya Negeriku melalui Penerapan Model Teams Games Tournament pada Siswa Kelas IV SDN Tarokan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Dewi Fatimah SDN Tarokan Kecamatan Banyuanyar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Tema Kayanya Negeriku menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN Tarokan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tarokan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 31 siswa, terdiri atas 14 siswa laki- laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan pada akhir pertemuan tiap siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi proses belajar guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sikap spiritual (KI-1). Hasil observasi pada siklus 1 memperoleh nilai 3,05 dengan predikat baik. Pada siklus 2 memperoleh nilai 3,59 dengan predikat sangat baik. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 76,25% menjadi 89,75% pada siklus 2. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kompetensi sikap spiritual meningkat dari siklus 1 sampai dengan siklus 2. Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sikap sosial (KI-2). Ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 73,75% menjadi 86,75% pada siklus 2. Hasil observasi pada siklus 1 memperoleh nilai 2,95 dengan predikat baik. Pada siklus 2 memperoleh nilai 3,47 dengan sangat baik. Hail ini menunjukkan hasil belajar kompetensi sikap sosial berdasarkan perolehan nilai meningkat. Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi pengetahuan (KI-3). Hasil observasi pada siklus 1 memperoleh nilai rata- rata 76,77 dengan ketuntasan klasikal 67,74%. Pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 89,68 dengan ketuntasan klasikal 90,32%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kompetensi pengetahuan IPS tema Kayanya Negeriku siswa kelas IV sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80% (KKM IPS ≥ 70).

Published
2022-11-01