Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 1 Materi Berbagai Bentuk Keberagaman di Indonesia melalui Pembelajaran Koperatif Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa Kelas IV

  • Abdul Munip SDN Menyono I Kecamatan Kuripan, Indonesia

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran PPKn denggan tema 1 pada materi berbagai bentuk keragaman di Indonesia. Penelitian dilaksanakan karena melihat nilai siswa yang masih rendah serta perlu untuk ditingkatkan. Penerapan pembelajaran kooperatif model Active Learning Tipe Role Reversal Question menjadi salah satu model pembelajaran yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan jika dengan diterapkannya model belajaran Active Learning Tipe Role Reversal Question maka nilai siswa dapat meningkat. Hal ini bisa dilihat pada siklus I sampai siklus III yang mana siklus I nilai ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%, nilai aktivitas siswa 85% dan nilai performansi guru minimal 75 (B). Hasil rincian siklus I skor keterampilan yang didapatkan oleh guru sebesar 81 (baik), siklus II meningkat menjadi 89 (sangat baik), dan siklus III meningkat lagi menjadi 91 (sangat baik). Dilihat dari indikator aktifnya siswa pada siklus I skor yang didapat yaitu 74 (baik), siklus II menjadi 81 (baik), dan siklus II naik menjadi 88(sangat baik). Ditinjau dari aspek nilai ketuntasan siswa dalam belajar pada siklus I sebesar 57,85%, siklus II menjadi 76,92% dan pada siklus II naik lagi menjadi 100%. Oleh karena itu model belajar model active learning tipe role reversal question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru.

Published
2022-11-01