Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Tema 3 Materi Organ Pencernaan Manusia dan Hewan melalui Pembelajaran Koperatif Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Kartu Pintar pada Siswa Kelas V
Abstract
Guru sebagai peneliti melakukan penelitian ini dengan dasar nilai siswa yang masih rendah. Guru juga melakukan evaluasi dan pada kegiatan pembelajaran memang masih didominasi oleh guru. Selain itu, siswa juga belum sepenuhnya dilibtkan dalam latihan pengembangan hasil karya pada mata pelajaran IPA. Siswa juga kebingungan dalam memahami materi organ pencernaan manusia. Pada penelitian tindakan kali ini guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Kartu Pintar pada siswa. Diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran PBL ini dengan media kartu pintar maka nilai siswa dapat meningkat. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SDN Sidomukti I Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Hasil peneltian diketahui jika penerapan model pembelajaran kooperatf dengan model PBL ini dapat meningkatkan nilai ketuntasan siswa kelas V SDN Sidomukti I pada mata pelajaran IPA materi organ pencernaan manusia dan juga hewan. Siswa juga sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hasil ini dapat dilihat dari tren kenaikan ketuntasan siswa mulai dari siklus I hingga siklus III. Nilai ketuntasan siswa siklus I sebesar 55,56%, siklus II naik menjadi 81,58% dan pada siklus III 96,30% nilai ketuntasan siswanya. Dilihat dari skor keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I 88 (Baik), siklus II 93 (sangat baik), dan siklus III 97 (sangat baik). Hal ini juga ditunjang dengan aktivitas siswa yang mana skor siklus I sebesar 82 (Baik), siklus II 90 (Baik), dan siklus III 97 (sangat baik).