Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Sifat -Sifat Operasi Hitung pada Bilangan Cacah melalui Metode TPS (Thinks Phiare Share) Berbantuan Media Manipulatif pada Siswa Kelas III

  • Titik Wahyuni SDN Pajarakan Kulon II Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Indonesia

Abstract

Pada pembelajaran matematika lebih ditekankan kepada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Sehingga aktivitas siswa khususnya dalam kegiatan latihan soal ini perlu ditinggkatkan baik khususnya secara berkelompok kecil. Penelitian ini bermula dari nilai ketuntasan siswa kelas III SDN Pajarakan Kulon II yang masih rendah. Nilai yang masih rendah itu perlu untuk ditingkatkan dan salah satu yang diupayakan yakni dengan mengembangkan metode pembelajaran. Metode TPS menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat untuk meningkatkan nilai siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat jika terdapat trend kenaikan nilai ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode TPS khususnya pada mata pelajaran matematika materi sifat – sifat hitung pada bilangan cacah. Rataan nilai siswa pada siklus I 64,62, siklus II 73,85, dan siklus III meningkat menjadi 81,54. Adapun prosentase ketuntasan siswa pada siklus I 53,85%, siklus II 81,54%, dan siklus III semua siswa tuntas mencapai 100,00%.  

Published
2022-11-01