Penerapan Metode Guide Inquiry dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika yang Memuat Statistik pada Siswa Kelas IX-D Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Begitu pula pada siswa Kelas IX-D Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020 masih banyak yang kesulitan dalam mengerjakan soal latihan matematika yang memuat statistik. Nilai siswa sebagian besar masih rendah. Penerapan metode guide inquiry menjadi alternatif yang diharapkan mampu untuk meningkatkan nilai siswa dan juga keaktifan siswa. Setelah diterapkan metode guide inquiry pada siswa ternyata metode ini dapat meningkatkan keaktifan dan juga ketuntasan siswa dalam belajar matematika khususnya yang memuat statistik. Nilai ketuntasan siswa sudah mulai terlihat pada siklus I mencapai 63,6% dan pada siklus II mengalami tren kenaikan dan menjadi 90,9%.