Penerapan Metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Tekanan Zat dan Penerapannya Pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Sugiarti Endang SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung, Indonesia

Abstract

Nilai menjadi salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan siswa dalam menilai hasil belajar di sekolah. Namun banyak sekali kendala yang dihadapi siswa sehingga nilai siswa banyak yang rendah. Begitu pula yang terjadi pada siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022 yakni nilai ketuntasan siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi tekanan zat dan penerapannya nilainya masih rendah. Guru memberikan alternatif dengan menerapkan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Dengan penerapan metode ini diharapkan mampu meningkatkan nilainya siswa. Berdasarkan hasil penelitian setelah diterapkan metode VAK pada IPA yang memuat tekanan zat dan penerapannya dapat meningkat keaktifan siswa dan juga nilai ketuntasan siswa. Siswa mendapatkan nilai ketuntasan 66,7% pada siklus I dan mengalami trend kenaikan pada siklus II menjadi 87,9%.

Published
2022-11-01