Peningkatkan Prestasi Belajar Perpindahan Kalor dengan Penerapan Model Problem Based Learning
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar perpindahan kalor dengan menerapkan model problem based learning siswa. 2). Mendeskripsikan penerapkan model problem based learning dalam pembelajaran perpindahan kalor siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakaan kels (PTK). Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1. Prestasi beajar materi teks negoisasi dengan penerapan model problem based learning pada siswa klas V SD Negeri Wonocatur Kecamatan Ngasem Kabupaten Kedirimengalami peningkatan. Hal tersebut di tunjukkan dengan diperolehnya ketuntasan belajar yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 53% dengan niai rata-rata 61,7 , pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 66% dengan niai rata-rata 69,4 dan pada siklus III siswa yang tuntas sebanyak 74% dengan niai rata-rata 75. 2. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar materi teks negoisasi pada siswa klas V SD Negeri Wonocatur Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan kolaborator/observer, yaitu dalam setiap siklusnya aktifitas guru maupun siswa mengaami peningkatan.