Peningkatkan Prestasi Belajar Perpindahan Kalor dengan Penerapan Model Problem Based Learning

  • Endah Rahayu SDN Wonocatur Ngasem Kediri
Keywords: Prestasi Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar perpindahan kalor dengan menerapkan model problem based learning siswa. 2). Mendeskripsikan penerapkan model problem based learning dalam pembelajaran perpindahan kalor siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakaan kels (PTK). Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1. Prestasi beajar  materi teks negoisasi  dengan penerapan model  problem  based learning pada siswa klas V SD Negeri Wonocatur Kecamatan Ngasem Kabupaten Kedirimengalami peningkatan.  Hal tersebut di tunjukkan dengan diperolehnya ketuntasan belajar yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 53%  dengan niai rata-rata 61,7 ,  pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 66% dengan niai rata-rata 69,4 dan  pada siklus III siswa yang tuntas sebanyak 74% dengan niai rata-rata 75. 2. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar  materi teks negoisasi pada  siswa  klas V SD Negeri Wonocatur Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan kolaborator/observer, yaitu dalam setiap siklusnya aktifitas guru maupun siswa mengaami peningkatan.

Published
2022-11-01