Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Kelas V melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SDN 4 Pakisrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Semester I Tahun 2019/2020
Abstract
Supervisi akademik bertujuan untuk memberikan bantuan, bimbingan, dan pembinaan kepala sekolah kepada guru. Bimbingan tersebut dilakukan dengan individual dan juga kelompok. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran. Kepala sekolah mempunyai tugas tambahan untuk membimbing guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Mutu pembelajaran adalah kesesuaian desain intruksional, kegiatan belajar mengajar, mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi hasil belajar mengajar yang berupa dampak pengajaran dengan standar atau syarat yang ditentukan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam 2 (dua) siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksaaan, pengamatan dna refleksi. Supervisi akademik dilaksanakan dengan tahapan adanya kesepakatan antara kepala sekolah dan guru mengenai kelengkapan administrasi pembelajaran dan jadwal pembinaan, kegiatan pembinaan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013, pembinaan membuat media pembelajaran, sumber belajar dan penilaian terhadap kemampuan kompetensi inti satu, kompetensi inti dua, kompetensi inti tiga dan kompetensi inti empat serta tindakan evaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan guru dalam pembelajaran. Dengan demikian supervisi akademik mutu pembelajaran guru kelas V meningkat dari pra siklus 42,50% meningkat menjadi 72,50% pada siklus I dan mneingkat lagi menjadi 97,50% pada siklus II.