Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Soal-Soal tentang Bangun Ruang Gabungan melalui Metode Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 2 Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun P

  • Mispriatin Mispriatin SD Negeri 2 Podorejo Kecamatan Sumbergempol, Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah suatu upaya guna meningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi soal-soal tentang bangun ruang gabungan pada siswa kelas VI semester II SD Negeri 2 Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Hal ini mengingat nilai siswa amsih banyak yang rendah dan belum memenuhi standar KKM yang ditentukan. Metode Numbered Heads Together (NHT) diterapkan sebagai salah satu metod pembelajaran yang diharapkan mampu untuk meningkatkan nilai siswa. Penelitian mengguakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Langkah penelitian dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui jika metode NHT ini dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I siswa yang sudah tuntas mencapai 67% dengan nilai rata – rata siswa sebanyak 68 dan pada siklus II mengalami kenaikan dengan nilai ketuntasan mencapai 100% dengan nilai rata – rata siswa adalah 83.

Published
2022-11-01