Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plaosan III Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Mathori Mathori SD Negeri Plaosan III Kecamatan Krucil, Indonesia

Abstract

Hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Plaosan III Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015 pada materi globalisasi masih rendah. Hal tersebut perlu ditingkatkan dan salah satu solusi yang diterraokan guru dengan menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Sudah banyak penelitian tindakan yang menunjukkan hasil jika penerapan model pembelajaran STAD ini telah dapat meningkatkan nilai ketutasan siswa. Hal ini juga didukung dengan keaktivan siswa yang semakin meningkat pula. Pada penelitian kali ini diterapkan model pembelajaran STAD yang diiharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Plaosan III Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran PKn. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai siswa mengalami peningkatan diatas KKM dan siswa pun keaktifannya juga meningkat. Hal ini bisa dilihat pada siklus I bahwa siswa yang tuntas belajar sebanyak 66,67% dengan rataan nilai 70,67. Sedangkan pada siklus II rataan nilai siswa 81,67 dengan ketuntasan belajar sebanyak 93,33%.

Published
2022-11-01