Peran Family Support dalam Menghadapi Academic Burnout Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah

  • Ila Khayati Muflikhah UIN Gusdur Pekalongan
  • Siti Mumun Muniroh UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia
Keywords: Family Support, Academic Burnout, Student

Abstract

Orang tua merupakan hal yang fundamental bagi perkembangan anak. Dukungan dari orang tua pun sangat berpengaruh dalam kesuksesan pendidikan siswa khususnya siswa kelas VI yang masih dalam masa transisi dari anak-anak menuju remaja, sehingga mereka akan terhindar dari academic burnout. Marak beredar siswa yang putus sekolah akibat academic burnout ataupun orang tua yang tidak mendukung pendidikan anak sehingga mengakibatkan kehilangan nyawa seseorang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam peran family support dalam menghadapi academic burnout siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dskriptif. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data.Teknik pengumpulan data dilakukan denan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MI Soko Kota Pekalongan dengan subjeknya peserta didik kelas VI yang merupakan siswa di tingkat akhir berjumlah 42 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat beberapa factor tejadinya academic burnout pada siswa, 2) Dukungan orang tua (family support) sangat berpengaruh terhadap tingkat academc burnout siswa

Published
2025-01-15
How to Cite
Muflikhah, I., & Muniroh, S. (2025). Peran Family Support dalam Menghadapi Academic Burnout Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Psycho Aksara : Jurnal Psikologi, 3(1), 24-33. https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v3i1.1637