Analisis Kinerja Lalu Lintas dengan Metode PKJI 2014 Pada Ruas Jalan Bali Kota Blitar
Abstract
Penjelasan dalam PKJI 2014 menyatakan bahwa jalan merupakan infrastruktur transportasi yang mencakup seluruh elemen jalan, termasuk bangunan pendukung dan kendaraan yang berada di atas permukaan tanah. Jalan memiliki peran penting sebagai sarana koneksi antar daerah bagi masyarakat. Selain itu, jalan juga berfungsi sebagai fasilitas untuk melayani kebutuhan sehari-hari warga, termasuk kegiatan keuangan dan operasional. Dengan pertumbuhan penduduk, peningkatan lalu lintas, dan perkembangan teknologi modern, volume kendaraan di jalan raya terus meningkat. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja Jalan Bali di Kota Blitar dengan menerapkan metode PKJI 2014, melibatkan analisis volume lalulintas kendaraan, kecepatan pada arus bebas, kapasitas, derajat jenuh, dan tingkat kinerja pelayanan jalan. Pengumpulan data dilakukan melalui dua metode, yakni survei geometri jalan, survei volume, dan survei hambatan lateral sebagai data Primer, serta data Sekunder dikumpulkan dari dokumen dokumen pendukung dan penelitian yang sejenis. Kapasitas jalan Bali Kota Blitar didapatkan sebesar (C) = 2931 Skr/jam. Pada hari Sabtu dengan memiliki Volume lalu lintas tertinggi dengan arus kendaraan total (Q) = 12418 skr/jam, pada hari tersebut volume tertinggi di jam puncak terjadi pada waktu sore pukul 16.00 – 18.00 dengan nilai 2211 Skr/jam. Derajat kejenuhan (DJ) tertinggi di Jalan Bali Kota Blitar adalah pada hari Sabtu sore hari pukul 16.00 – 17.00 dengan DJ = 0,81 (D), Arus mendekati tidak stabil dengan volume lalulintas tinggi dapat menyebabkan penurunan kecepatan yang besar, kondisi dapat di tolerir untuk waktu yang singkat.



