Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Abstract
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kuantitaas dan juga subjek terpenting dalam pendidikan diseluruh duniya baik dari dalam negeri maupun di luar negeri. Menurut siswa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit di bandingkan dengan pelajaran yang lainnya. Karena matematika terkait dengan dengan bilangan – bilangan, dengan angka – angka, rumus – rumus. Jarimatika merupakan suatu cara mempermudah dalam berhitung dengan alat berbantuan jemari tangan. Berhitung adalah sebuah kemampuan terdasar yang dimiliki semua siswa dikarenakan berhitung termasuk tujuan dari pembelajaran matematika. Subjek penelitian pada penelitian ini terdapat 12 siswa, 8 siswa laki – laki dan 4 siswa perempuan, pada penelitian kali ini menggunakan sebuah pendekatan kuantitatif, selain itu jenis penelitian yakni experiment semu ( quasi-experimen ). pengujian hipotesis, hasil dari uaraian pembahasan dapat diketahui bahwa nilai thitung dengan hasil 3,180 dan ttabel dengan hasil akhir 0,576, artinya nilay thitung > ttabel ialah 3,180 > 0,576. Artinya terdapat Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dapat di terima.
Kata kunci : Matematika, Jarimatika.



