Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Dampak Bullying Pada Sekolah X Di Surabaya
Abstract
Seiring berjalannya waktu, perubahan tata nilai kehidupan berjalan begitu cepat karena peran globalisasi. Perubahan – perubahan tersebut juga terjadi didalam ruang lingkup pendidikan yaitu sekolah. Sekolah diharapkan menjadi tempat yang aman bagi para siswa baik secara fisik maupun mental, namun realitanya banyak siswa seringkali terlibat dalam masalah – masalah psikologis. Salah satu permasalahan psikologis yang terjadi disekolah adalah tindakan perundungan. Subyek dalam intervensi ini adalah semua siswa kelas VII – IX dari sekolah X di surabaya. Metode yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang perilaku bullying yaitu melalui psikoedukasi. Adapaun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang perilaku bullying pada para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain One group pre test – post test. Hasil analisa data menggunakan analisis paired sampel t-test menunjukkan adanya perubahan. Adapun perbedaan tersebut yaitu rata-rata pre test menunjukkan skor 60,43 dan skor rata-rata post test yang menunjukkan skor 99,11 dengan tingkat signifikansinya adalah 0,000. Karena taraf signifikansi < 0,01 maka menunjukkan adanya perbedaan, dengan artian pengetahuan tentang perilaku bullying subyek mengalami peningkatan setelah diberikan psikoedukasi.
Kata kunci : Psikoedukasi, Perundungan, Remaja