Bias Kognitif pada Pengendara Ugal-ugalan di Jalan Pantura Bagian Banyuwangi
Abstract
Kecelakaan merupakan fenomena dan isu internasional yang angka prevalensi kematiannya masih belum mengalami penurunan dari tahun ketahun. Faktor manusia kemungkinan besar memiliki dampak yang paling signifikan terhadap tingkat keparahan dalam kecelakaan lalu lintas. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada sisi Bias Kognitif dari manusia sebagai sarana untuk membuktikan apakah faktor manusia mempengaruhi kecil besarnya suatu kecelakaan lalu-lintas khususnya di Jalan Pantura Bagian Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian ini sebanyak empat responden yang sudah dikualifikasi dengan teknik convience sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara teknik semi-terstruktur yang dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa bias kognitif memiliki peran dalam mempengaruhi perilaku berkendara secara ugal-ugalan khususnya di Jalan Pantura bagian Banyuwangi. Bias kognitif yang terjadi pada perilaku berkendara ugal-ugalan tersebut dapat disebabkan oleh empat faktor, yakni ketidakstabilan emosi, kesalahan motivasi, pola hidup, dan lingkungan sekitar dari pengendara.