Dampak Anxiety Berlebih (Studi Kasus : Tekanan Pembelajaran Pada Mahasiswa)

  • Moch. Rafli Romadon Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ariel Gymnastiar Inzaghi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Hengki Hendra Pradana Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
Keywords: Anxiety, Tekanan Pembelajaran, Mahasiswa, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami studi kasus anxiety(kecemasan) yang berlebihan pada mahasiswa yang dipicu oleh tekanan akademik. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menggai pengalaman mahasiswa yang menjalani perannya sebagai mahasiswa . Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, mengungkap faktor faktor yang berkontribusi pada anxiety dan strategi koping yang mereka gunakan. Hasil menunjukan bahwa axiety pada mahasiswa dipengaruhi oleh faktor kognitif, lingkungan, proses belajar, usia dan jenis kelamin, serta mekanisme koping. Tekanan akademik yang berlebihan, distorsi kognitif, pengalaman traumatis, kurangnya dukungan sosial, serta kesulitan beradaptasi di lingkungan kampus menjadi faktor pemicu utama terjadinya kecemasan berlebih. Mahasiswa yang diteliti enerapkan strategi koping yang beragam, mulai dari diskusi dengan teman hingga mencari hiburan melalui membaca dan menonton. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang anxiety pada mahasiswa pekerja dan menekankan perlunya perhatian terhadap kesejahteraan mental mereka.

Published
2025-07-15
How to Cite
Romadon, M., Inzaghi, A., & Pradana, H. (2025). Dampak Anxiety Berlebih (Studi Kasus : Tekanan Pembelajaran Pada Mahasiswa). Psycho Aksara : Jurnal Psikologi, 3(2), 140-153. https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v3i2.1687