Upaya Meningkatan Kemampuan Menulis Puisi Budaya Indonesia melalui Metode Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI SDN 4 Mulyoarjo Kec. Lawang Kab. Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sugianto Sugianto SDN 4 Mulyoarjo, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis puisi budaya Indonesia pada Siswa Kelas VI SDN 4 Mulyoarjo Kec. Lawang Kab. Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Siswa dituntut untuk mampu berkomunikasi baik secara lisan mauapun secara tertulis. Salah satunya dengan mengedepankan nilai – nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi budaya indonesia melalui metode berbasis kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SDN 4 Mulyoarjo Kec. Lawang Kab. Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan PTK dengan 2 siklus kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatan kemampuan menulis puisi budaya indonesia melalui metode berbasis kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SDN 4 Mulyoarjo Kec. Lawang Kab. Malang Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan kemampuan siswa dlaam menulis puisi. Hasil rata – rata nilai pada sebelum tindakan yaitu 54,72, saat siklus I menjadi 62,50, pada saat siklus II meningkat menjadi 71,39 dan pada saat siklus III menjadi 79,72. Selain itu, pada saat tes awal diketahui 0% siswa sangat memuaskan dan pada siklus III presentase naik menjadi 33,33% siswa mendapatkan kategori sangat memuaskan.

Published
2022-07-22