Dampak Pembelajaran Online Terhadap Perilaku Sikap Jujur dan Disiplin Siswa
Abstract
Pembelajaran online pada masa pandemi memiliki dampak terhadap siswa SMA. Kebanyakan guru mata pelajaran mengatakan bahwa banyak siswa yang tidak jujur dan kurang disiplin dalam mengikutiĀ pembelajaran online. Hasil penyelesaian tugas banyak yang sama dan dicurigai sebagai hasil mencontek serta tidak menuliskan data hasil pekerjaan dengan jujur. Beberapa siswa kurang disiplin dengan tidak mengikuti pembelajaran tepat waktu serta tidak menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dampak pembelajaran online terhadap kejujuran dan disiplin siswa pada pelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sample penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian menunjukkan pembelajaran online menurunkan sikapĀ jujur siswa sampai 17,75% dan menurunkan kedisiplinan sebanyak 5,5 %. Penurunan sikap dipicu oleh kejenuhan siswa dengan metode mengajar yang monoton, kendala kuota dan jaringan, serta kurangnya motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memberikan informasi kepada sekolah untuk memperbaiki sistem pembelajaran sehingga dampak negatif pembelajaran online bisa diminimalisir.




