Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Teks Deskriptif Lisan dan Tulisan pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas X SMK Negeri 1 Udanawu Blitar Semester Genap Tahun Pelajaran

  • Miftahusalam Miftahusalam SMK Negeri 1 Udanawu Blitar , Indonesia

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris tentang Teks Deskriptif Lisan Dan Tulisan.  Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang teks deskriptif lisan dan tulisan di kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Udanawu Blitar semester genap tahun pelajaran 2019-2020. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang teks deskriptif lisan dan tulisan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas X SMK Negeri 1 Udanawu Blitar semester genap tahun pelajaran 2015-2016. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang teks deskriptif lisan dan tulisan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Udanawu Blitar semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,32 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menjadi 74,26 pada siklus 1 dan 82,50 pada siklus 2.

Published
2022-07-26