Meningkatan Kemampuan Guru dalam Menentukan Metode Pembelajaran dengan Teknik Individual Conference pada Pelaksanaan Supervisi Di SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Dalam proses kegiatan belajar mengajar, menentukan metode pembelajaran menjadi hal sangat penting dalam melihat kemampuan guru, karena guru bertugas mengendalikan kegiatan guru maupun kegiatan siswa dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini, rumusan masalahnya sebagai berikut: “Bagaimanakah peran pelaksanaan supervisi pada kegiatan mengajar dengan Teknik Individual Conference dalam meningkatan kemampuan guru menentukan metode pembelajaran di SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban semester I tahun pelajaran 2020/2021?”. Pada kenyataannya bahwa perancang pembelajaran yang menjadi tugas guru menjadi sangat sulit, disebabkan harus dihadapkan dua variabel yang berada di luar kontrol, yakni mengenai cakupan isi pembelajaran telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dari tujuan yang akan dicapai, dan dalam situasi pembelajaran, siswa mengemban seperangkat sikap, kemampuan awal, dan karakteristik perseorangan lainnya. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan guru pada pelaksanaan supervisi pada kegiatan mengajar dengan Teknik Individual Conference dalam menentukan metode pembelajaran di SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban semester I tahun pelajaran 2020/2021. Sedangkan subjek dalam penelitian tindakan ini merupakan guru SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban pada semester I tahun pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini peneliti menjabat sebagai kepala di SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban. Kepala sekolah melalui supervisi Teknik Individual Conference yang tepat yang melibatkan semua guru dapat meningkatkan kemampuan guru menentukan metode pembelajaran pada SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban. Melalui penerapan supervisi Teknik Individual Conference yang sesuai, tepat dan demokratis menjadi peningkatan kemampuan guru dalam menentukan metode pembelajaran yang optimal. Meningkatkan kemampuan guru dalam menentukan metode pembelajaran pada pelaksanaan supervisi Teknik Individual Conference menjadi hasil penelitian ini . Hasil observasi diketahui bahwa supervisi Teknik Individual Conference dapat memberikan dampak positif pada guru dan siswa karena semua guru menjawab hal tersebut dan jumlahnya 100% mengatakan hal yang sama. Kemampuan guru menentukan metode pembelajaran meningkat karena mereka dapat mengatasi masalah bersama dengan pengawas sekolah saat supervisi Teknik Individual Conference berlangsung.




