Penerapan Metode Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya yang Memuat Musik Ansambel Tradisional pada Siswa Kelas VII-C Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Hasil observasi yang telah dilakukan kepada siswa Kelas VII-C Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran seni budaya materi music ansambel tradisional menghasilkan keaktifan dan juga nilai ketuntasan siswa yang masih rendah. Selama ini guru masih menggubakan metode ceramah dalam pembelajaran dikelasnya. Materi pelajaran juga kurang dapat dipahami oleh siswa. Oleh karen aitu perlu dikembangkan metode pembelajara yang tepat sasaran sesuai dengan situasi dna kondisi yang ada disekolah. Penelitian dilakukan dengan penelitan tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus. Pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan juga refleksi. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode direct instructions dapat meningkatkan keaktifan siswa dan juga nilai ketuntasan siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung dalam pembelajaran seni budaya pada materi musik ansambel tradisional. Pada siklus I nilai ketuntasan mencapai 56,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,3%.




