Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Program Pengembangan Kurikulum Melalui Kegiatan Focus Group Discussion Di SMAN 1 Bancar Kabupaten Tuban Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Eko Suyitno SMA Negeri 1 Bancar, Indonesia

Abstract

Kepala sekolah sebagai pengelola di dalam aktivitasnya mempunyai koneksi yang kuat dengan bermacam kegiatan penataan administrasi yang bersifat pencatatan, pendokumenan, dan penyusunan berbagai program sekolah. Selaku seorang pengelola, tentunya kepala sekolah harus mempunyai kinerja untuk mengembangkan serta memperbaiki semua fasilitas sekolah, dari sarana maupun prasarana pendidikan di sekolah. Kepala sekolah sebagai pengelola pendidikan, juga harus mampu mengaplikasikan kinerjanya dalam tugas-tugas operasionalnya yakni, kinerja penataan administrasi peserta didik, penataan  sarana dan prasarana pendidikan, tata kelola kurikulum, manajemen personalia, penataan administrasi keuangan dan manajemen administrasi kearsipan. Dalam instansi pendidikan, pendidik merupakan orang yang memiliki peran penting dalam peningkatan kurikulum. Pendidik menjadi penentu dalam keberhasilan pendidikan yang erat berkaitan dengan meningkatkan, mengawasi, memantau, dan melakukan kurikulum, sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan bisa tercapai tujuan yang diharapkan. Dalam sebuah lembaga pendidikan, terutama pada lingkungan sekolah dan lebih utamanya lagi pada proses pembelajaran, pendidik dan kurikulum tak akan pernah lepas perannya. Adanya penelitian tindakan sekolah ini, memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kinerja pendidik dalam melaksanakan program pengembangan kurikulum melalui kegiatan Focus Group Discussion di SMAN 1 Bancar Kabupaten Tuban tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bancar Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan melalui kegiatan Focus Group Discussion, dalam rangka meningkatkan kinerja Pendidik melaksanakan program pengembangan kurikulum. Dan kepala sekolah yang bertugas melaksanakan penelitian sebagai peneliti di sekolah tersebut. Penelitian ini berlangsung selama dua bulan, yakni awal bulan Oktober hingga akhir bulan November 2021. Kegiatan Focus Group Discussion mampu menambah dan meningkatkan kinerja Pendidik dalam melaksanakan program pengembangan kurikulum di SMA Negeri 1 Bancar Kabupaten Tuban tahun pelajaran 2021/2022. Hal itu ditunjukkan berdasarkan hasil data diantaranya; nilai rata-rata observasi ketercapaian pengembangan kurikulum melalui kegiatan Focus Group Discussion memperlihatkan nilai rata-rata pra siklus sebesar 63, dan siklus pertama sebesar 75 dengan standar cukup meningkat, pada siklus kedua rata-rata nilai sebesar 86 dengan kategori baik. Dari hasil tersebut, dapat ditunjukkan bahwa bahwa nilai rata-rata atau hasil pengamatan tercapainya pengembangan kurikulum melalui kegiatan Focus Group Discussion di SMA Negeri 1 Bancar Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat dikatakan berhasil.

Published
2022-07-31