Penerapan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional dalam Era Globalisasi pada Siswa Kelas IX-A Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tahun Pelajaran 2021/202

  • Mohamad Asmian SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung , Indonesia

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022 pada siswa kelas IX-A semester 2 mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang memuat peran Indonesia dalam hubungan internasional dalam era globalisasi diketahui jika hasil prestasi belajar siswa masih dibawah KKM. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh informasi yang diterima siswa masih kurang sehingga diperlukan pengembangan metode pembelajaran. Penggunaan metode mind mapping selama ini sudah banyak diterapkan dan menghasilkan nilai prestasi belajar siswa yang meningkat. Dalam hal ini akan diterapkan penerapan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang memuat peran Indonesia dalam hubungan internasional dalam era globalisasi. Penelitian ini menggunakan PTK dengan 2 siklus. Data dianalsis dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang memuat peran Indonesia dalam hubungan internasional dalam era globalisasi melalui metode mind mapping  dapat meningkatkan kekatifan siswa dan juga hasil belajar siswa kelas IX-A semester 2 SMP negeri 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022. pada siklus I sebanyak 52,9% serta siklus II sebanyak 88,2%.

 

Published
2022-07-31