Penerapan Metode KWL (Know-Want To Know-Learned) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI-MIPA 4 SMAN 1 Karangrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021-2022

  • Siti Roazah SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung , Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena melihat hasil prestasi belajar dna keaktifan siswa Kelas XI-MIPA 4 SMAN 1 Karangrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021-2022 pada membaca teks eksplanasi masih rendah. Siswa mengutarakan bahwa masih banyak kesulitan yang dialami. Oleh karena itu diperlukan pengembangan metode pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami topic yang diberikan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang banyak diterapkan dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil prestasi dan keaktifan siswa yakni metode Know-Want to Know-Learned (KWL). Dengan penerapan metode KWL ini siswa diajak untuk curah pendapat dengan beberapa penentuan seperti ide, menyusun pertanyaan dan mengecek hal – hal yang ingin dipelajari. Penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus dan pada tiap siklus terdapat beberapa tahap. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode KWL dapat meningkatkan keaktifan dan juga nilai ketuntasan siswa SMAN 1 Karangrejo kelas XI MIPA 4 tahun pelajaran  2021-2022. Pada siklus I rataan siswa sebanyak 78,56 dan pada siklus II rataan nilai siswa meningkat menjadi 88,57 dalam membaca, memahami dan menerapkan materi teks eksplanasi.

Published
2022-07-31