Implementasi Metode Means Ends Analysis (MEA) pada Pembelajaran Fisika tentang Generator untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IX-C Semester 2 SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-C. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Generator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Generator siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Boyolangu mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 73,3% dan pada siklus II 96,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Generator melalui Metode Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Boyolangu dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Generator. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran Fisika pada materi Generator agar Hasil belajar siswa meningkat.




