Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Islam tentang Munakahat melalui Resitasi pada Siswa Kelas XII MIPA 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Istiqomah Istiqomah SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII MIPA 2. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Munakahat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Resitasi untuk meningkatkan Prestasi Belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Munakahat siswa Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi Belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 68,4% dan pada siklus II 94,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Munakahat melalui Resitasi dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa dalam menyelesaikan soal Munakahat Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Resitasi dalam pembelajaran Agama Islam pada materi Munakahat agar Prestasi Belajar siswa meningkat.

Published
2022-07-31