Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Masyarakat Belajar materi Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Karangrejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-I. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observerproses pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Pendekatan Kontekstual Komponen Masyarakat Belajar untuk meningkatkan Hasil belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Teks Laporan Hasil Observasi siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagun mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 90,0%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi melalui Pendekatan Pendekatan Kontekstual Komponen Masyarakat Belajar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Karangrejo. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Pendekatan Pendekatan Kontekstual Komponen Masyarakat Belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Teks Laporan Hasil Observasi agar Hasil belajar siswa meningkat.




