Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi sosial dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Soal dan Kartu Jawaban pada Siswa Kelas VII-A UPTD SMP Negeri 1 Kayen Kidul Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Siti Kalimah SMP Negeri 1 Kayen Kidul, Indonesia

Abstract

Penelitian ini sebagai upaya peneliti untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial dengan bantuan alat peraga kartu soal dan kartu jawaban kepada siswa Kelas VII-A UPTD SMP Negeri 1 Kayen Kidul Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan PTK denagn 2 siklus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan alat peraga kartu soal dan kartu jawaban dapat meningkatkan motivasi dan juga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 89,35% dan pada siklus II aktivitas siswa mencapai 97,22%. Selain itu, ditinjau dari aspek klasikal juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 23,4% dan pada siklus II meningkat mencapai 93,3%.

Published
2022-10-17