Upaya Peningkatan Strategi Belajar Mengajar dengan Menerapkan Metode Eksperimen Pokok Bahasan Planet untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas VI SDN 4 Kanigoro Kec. Pagelaran Kab. Malang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sumiati Sumiati 1 SDN 4 Kanigoro Kabupaten Malang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang dihadapi yakni masih rendahnya tingkat ketuntasan siswa kelas VI SDN 4 Kanigoro Kabupaten Malang pada tahun ajaran 2019/2020 dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi planet. Siswa masih banyak yang belum memahami materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini sebagai upaya untuk meningkatkan hasil pretasi belajar siswa dalam mempelajari materi planet mata pelajaran IPA. Penelitian menggunakan penelitian PTK dengan 3 siklus dan pada setiap siklusnya selalu dimulai dengan perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi planet mata pelajaran IPA kelas VI SDN 4 Kanigoro Kabupaten Malang pada tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 65,22%, pada siklus II 78,26% dan pada siklus III mencapai 86,95%.

Published
2022-10-28