Peningkatan Hasil Belajar IPA (Materi Pokok Mendeskripsikan Karakteristik Sistem Tata Surya) Melalui Strategi Kooperatif Model Resitasi Siswa Kelas IX MTS Imam Al Ghozali Panjerejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA (Materi Pokok Mendeskripsikan Karakteristik Sistem Tata Surya) pada siswa kelas IX MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tahun Pelajaran 2021/2022. disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain : (1) sebagian besar guru belum terampil menentukan dan menggunakan strategi pembelajaran yang kooperatif, (2) sebagian besar siswa mementingkan perolehan NEM yang tinggi, tanpa didasari pemahaman konsep yang benar,dan (3) siswa sering dihadapkan pada soal pilihan ganda dalam soal-soal ulangan, sehingga mengabaikan konsep yang selama ini mereka pelajari. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah melalui Strategi Kooperatif Model Resitasi, hasil belajar (Materi Pokok Mendeskripsikan Karakteristik Sistem Tata Surya) pada siswa kelas IX MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkat?”.dan (2) Apakah melalui Strategi Kooperatif Model Resitasi, aktivitas belajar siswa kelas IX MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkat?. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Ditarik Simpulan Sebagai Berikut: 1) Strategi Kooperatif Model Resitasi dapat dipakai untuk meningkatkan hasil belajar IPA (kompetensi dasar mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya) pada siswa kelas IX MTs Imam Al Ghozali Panjerejo tahun pelajaran 2021/2022. Dan 2) Pembelajaran IPA yang menggunakan Strategi Kooperatif, persentase keberhasilannya dapat meningkat, mulai dari 20% (data prasiklus) menjadi 95% (siklus III). Selain itu, keaktifan dan respon siswa dalam belajar kelompok juga meningkat dari sebelumnya.




